Mitsubishi

Berita

Berikut ini Tips Aman Melintasi Jalanan Berlubang
March 6, 2020
Jika tidak diantisipasi dengan tepat, melintasi jalanan berlubang bisa berisiko menimbulkan kerusakan yang cukup besar pada mobil hingga mengundang celaka.

Intensitas hujan yang tinggi di Jakarta dan sekitarnya, tak hanya menimbulkan potensi banjir atau genangan air. Namun Anda juga perlu berhati-hati dengan kondisi jalanan berlubang yang mulai menghiasi di beberapa ruas jalanan. Hal tersebut perlu diantisipasi lantaran dapat membawa kerusakan pada komponen mobil, seperti roda dan suspensi, atau bahkan dapat berujung celaka. inilah tips aman melintasi jalanan berlubang berikut ini.

1. Jaga jarak aman dan selalu pantau kondisi sekitar

Foto ilustrasi jalanan berluang di jalan tol

Dengan menjaga jarak aman, Anda punya cukup waktu dan ruang untuk memantau kondisi jalan di depan 

Menjaga jarak aman dan selalu pantau kondisi sekitar adalah tips pertama untuk melintasi jalan berlubang. Dengan Anda menjaga jarak dengan kendaraan di depan, maka Anda memiliki cukup waktu dan ruang untuk melakukan manuver menghindari ketika bertemu jalanan berlubang. Namun Anda juga diharapkan untuk selalu berhati-hati dan selalu memantau kondisi sekitar, agar manuver menghindar yang Anda lakukan tidak mengganggu atau membahayakan pengendara lainnya. Atur jarak sekurang lebih sekitar 2-3 detik dengan mobil di depan. semakin kencang kecepatan Anda, maka semakin besar juga waktu dan ruang dibutuhkan untuk menghindar. Selain itu, saat mengemudi, sangat penting untuk selalu cek kaca spion setiap 5-10 detik.

2. Jaga kecepatan Anda

Foto ilustrasi kecepatan maksimum di jalan

Semakin tinggi kecepatan Anda, maka semakin besar risikonya saat menghadapi jalanan yang rusak

Tindakan preventif yang tak kalah penting untuk mengantisipasi jalanan berlubang adalah dengan menjaga kecepatan Anda, terlebih ketika sedang berkedara di jalan bebas hambatan. “Semakin tinggi kecepatan Anda, maka akan sangat berbahaya untuk melakukan manuver menghindar. Selain itu, melintasi jalanan berlubang pada kecepatan tinggi bisa menyebabkan kerusakan fatal atau bahkan kecelakaan. Selalu patuhi kecepatan maksimal di setiap jalan,” ujar Arief Mulyanan, pereli dan juga praktisi safety driving. Untuk di jalan bebas hambatan, kecepatan maksimal berkisar antara 80 dan 100 km/jam. Untuk di jalan umum, kecepatan maksimal berkisar antara 40 hingga 60 km/jam.

3. Kurangi kecepatan sebelum melintasi lubang

Foto ilustrasi jalanan berluban di Jakarta

Saat sebelum melintasi lubang, kurangi kecepatan mobil secara halus dan bertahap dan jangan panik 

Ingat! Mengurangi kecepatan dengan melakukan pengereman yang dimaksud adalah sebelum melintasi lubang dan bukan berbarengan dengan melintasi lubang. “Karena kalau mengurangi kecepatan dengan cara mengerem di saat yang sama ketika melintasi lubang, justru akan menimbulkan gaya kejut dan hantaman yang membuat potensi kerusakan dan kehilangan kendali lebih besar,” wantu Arief. Lakukan pengereman secara halus dan bertahap dan lepas pedal rem saat menerjang lubang. Atur posisi genggaman setir dengan baik dan rileks, yakni posisi tangan layaknya di angka 3 dan 9 pada jam, agar siap menghadapi guncangan.

4. Periksa kondisi mobil setelah melintasi lubang

Foto proses spooring dan balancing

Lakukan pengecekan setelah melewati jalanan buruk

Setelah melintasi jalanan berlubang, jangan lupa lakukan periksa kondisi mobil Anda. Tujuannya untuk bisa mengetahui potensi kerusakan sedini mungkin. Hantaman yang cukup keras pada ban bisa merusak konstruksi ban dan velg hingga suspensi mobil Anda. Bahkan tak jarang ban langsung meletus atau pelek langsung peyang saat melintasi lubang. Dengan lakukan pemeriksaan di bengkel terpercaya, Anda bisa terhindar dari kerusakan lebih besar. Selain itu jika rute sehari-hari Anda didominasi dengan kualitas jalanan yang kurang baik, maka disaarankan untuk melakukan spooring dan balancing lebih cepat.

5. Cek kondisi jalan yang akan dilalui

Foto ilustrasi website TMC Polda Metro Jaya

Pantau kondisi jalan dan lalu lintas sesaat sebelum memulai perjalanan

Tak ada salahnya sedikit meluangkan waktu untuk mengecek media sosial pihak berwenang seperti contohnya TMC Polda Metro Jaya atau Jasa Marga sebelum melakukan perjalanan. Cari tahu bagaimana kondisi jalan terkini yang akan dilalui, sehingga Anda lebih siap dalam perjalanan dan dapat menghindari rute yang mengalami kerusakan pada ruas jalannya.

Itulah beberapa tips untuk melintasi jalanan berlubang yang Jika artikel ini bermanfaat, mohon like dan share biar banyak orang tahu ya sobat-sobat!

Sumber : cintamobil.com

Chat dengan kami via WhatsApp