4 Cara Merawat Ban Truk Agar Tahan Lama

Unjuk Pesona dan Performa Mitsubishi Triton di Rembang
19/01/2019
3 Tips Mudah Saat Melakukan Spooring
24/01/2019

Minimnya pengetahuan dasar mengenai ban mobil, khususnya untuk jenis truk menyebabkan ban tidak dapat mencapai umur yang maksimal. Maka dari itu, penting bagi setiap pengguna atau pemiliknya mengetahui cara perawatan yang tepat. Jika kita selalu memperhatikan perawatan ban, maka umur ban akan lebih lama dan tidak mudah pecah pada saat digunakan.

Ban memiliki peranan yang penting terhadap keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Maka dari itu, rawatlah selalu melalui cara-cara berikut ini:

  1. Selalu Menjaga Tekanan Ban
    Menjaga tekanan angin pada ban penting untuk diperhatikan guna meminimalisir kerusakan serta mengurangi terjadinya lepas kendali pada truk. Ban yang memiliki tekanan rendah akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi meningkat. Periksa juga tekanan ban setiap bulan. Jika kendaraan sering digunakan, usahakan pengecekan tekanan angin sering dilakukan seimbang dengan penggunaan.
  2. Melakukan Rotasi Pada Ban
    Agar ban bisa mencapai usia yang maksimal atau tahan lama, sebaiknya lakukan rotasi pada ban truk. Tekanan angin yang berbeda kerap membuat ban tersebut menjadi mudah aus. Inilah yang menjadi alasan kenapa ban pada truk bagian depan yang membawa beban banyak cenderung lebih mudah aus dibandingkan ban belakang. Cara yang umum dilakukan untuk merotasi ban yaitu rotasi silang dan rotasi lurus. Dengan melakukan cara ini, masing-masing ban ini akan mendapatkan tekanan yang jauh lebih seimbang.
  3. Memperhatikan Tapak Ban
    Tapak ban berperang sangat penting untuk daya cengkram ban itu sendiri ketika di jalan. Tapak ban juga memiliki peranan penting untuk memastikan kendaraan agar tetap terkendali dan mencegah terjadinya slip pada saat pengereman di jalanan yang basah. Jika tapak ban sudah tampak aus, maka gantilah ban sesegera mungkin sebagai solusi yang tepat.
  4. Lakukan Perbaikan dan Pergantian Jika Diperlukan
    Jika Anda kurang memahami kondisi ban, Anda bisa membawanya ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan sebagai langkah yang tepat. Hal ini bisa Anda lakukan untuk memastikan kondisi ban apakah masih layak digunakan, rusak ataupun lainnya. Jika ban memerlukan perbaikan, maka segeralah untuk memperbaikinya. Begitu halnya jika ban sudah harus diganti maka gantilah dengan yang baru untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa ban adalah komponen yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Semoga tips di atas bisa membantu merawat ban truk Sahabat Setia Mitsubishi Lautan Berlian Prioritas.

X