4 Tips Tetap Sehat Setelah Konsumsi Daging Idul Adha

Business Meeting Bersama KTB
03/08/2019
Ketangguhan Xpander Exceed Membuat Bapak Willy Terpikat
14/08/2019

Hari Raya Idul Adha kerap dimanfaatkan banyak orang untuk berkumpul bersama sambil menikmati daging sapi atau kambing hasil kurban. Biasanya, daging diolah menjadi berbagai macam menu lezat yang menggugah selera. 

Umumnya dibuat sate, tongseng, nasi goreng, sop hingga gulai. Sayang, sebagian orang mengeluh tensi darah naik hingga kolesterol setelah makan daging kambing. Karena itu, agar tetap sehat setelah makan daging kambing, perhatikan beberapa hal berikut ini seperti dikutip dari berbagai sumber. 

1. Imbangi dengan makanan kaya serat
Setelah konsumsi daging kambing, pastikan Anda mengimbanginya dengan banyak makan makanan kaya serat. Misalnya sayuran dan buah-buahan yang tinggi antioksidan seperti apel, anggur, pir dan stroberi. Jangan lupa juga untuk perbanyak minum agar tidak menggangu sistem pencernaan seperti sembelit.

Seperti diketahui, konsumsi daging merah dapat membuat sistem pencernaan bekerja ekstra untuk mengeluarkannya.

2. Perhatikan jumlah yang dikonsumsi
Apapun yang berlebihan tidak baik. Karena itu, perhatikan jumlah daging kambing yang dikonsumsi tidak berlebihan. Apalagi mereka yang memiliki penyakit GERD, konsumsi daging kambing bisa memicu kekambuhan.

3. Mengolah dengan cara yang tepat
Saat merebus daging, pastikan selalu membuang air rebusan daging. Air ini dinilai mengandung banyak lemak yang tidak sehat jika dikonsumsi. Selain itu, dibandingkan menggorengnya yang dapat menyerap banyak minyak, idealnya daging dibakar. Namun, yang perlu diperhatikan adalah daging tidak boleh dibakar hingga gosong.

4. Pilih bagian daging rendah lemak 
Pilih bagian daging yang paling rendah lemak. Misalnya, daging bagian paha. Ini bertujuan agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan seperti kolesterol.

Sumber : lifestyle.sindonews.com

X