5 Cara Mengatasi Stir yang Berat Pada Mobil

Penyebab Ac Mobil Keluar Air
30/08/2019
Tips Melindungi Mobil Dari Terik Panas Sinar Matahari
13/09/2019

Masih membahas seputar otomotif nih sobat, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi stir yang berat pada mobil. Apakah sobat semua pernah mengalami atau merasakan hal seperti ini?  Jika pernah ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada artikel kali ini penulis akan menjelaskannya secara gamblang buat sobat semua. Yuk sobat mari kita simak dengan seksama ulasan berikut ini.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada saat – saat tertentu dimana anda merasakan setir kendaraan anda berat terasa kaku dan sulit untuk digerakkan. Hal seperti ini memang wajar dan normal terjadi, tinggal anda bagaimana cara mengetahui dan merawatnya saja ya sobat. Berikut ini ulasan mengenai cara mengatasi stir yang berat pada mobil yang bisa anda gunakan sebagai refrensi.

1. Pastikan Cairan Power Steering Anda Standar

Cara mengatasi stir yang berat pada mobil yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memperhatikan cairan power steering anda standar. Kondisi power steering yang tidak standar akan membuat daya yang dihasilkan oleh piston akan menurun.

Pada saat hal seperti ini terjadi, maka akan berpengaruh pada stir mobil anda yang berat. Selanjutnya anda juga wajib memahami cara merawat power steering agar tidak terjadi masalah fatal ya sobat. Perawatan memang sangat diperlukan guna menjaga kondisi komponen mobil anda tetap dalam kondisi baik ya sobat. Hal ini demi menjaga peforma dan kenyamanan saat berkendara.

2. Pastikan Rack Kemudi Anda Tidak Rusak

Cara mengatasi stir yang berat pada mobil yang kedua adalah dengan cara memastikan rack kemudi anda tidak rusak. Adapun rack kemudi ini merupakan bagian utama dari kemudi mobil, saat penggunaan dalam waktu yang sudah lama ada kemungkian rack kemudi ini akan rusak dan aus. Kerusakan pada bagian ini juga bisa menjadi penyebab setir mobil oblak dan tidak nyaman untuk digunakan.

Pada saat tersebut terjadi, maka bisa dipastikan hal tersebut akan berpengaruh terhadap kemudi mobil anda, jika berpengaruh pada kemudi sudah otomatis akan berpengaruh pada stir kendaraan anda akan berat ya sobat. Nah sobat, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya pastikan rack kemudi anda dalam keadan baik – baik saja ya sobat.

3. Pastikan Tekanan Ban Anda Normal

Cara mengatasi stir yang berat pada mobil yang ketiga adalah dengan memastikan tekanan ban anda dalam kondisi normal. Kemudi atau stir yang terasa berat pada kendaraan anda, tidak hanya disebabkan oleh masalah power steering namun dipengaruhi juga oleh tekanan ban anda. Pastikan tekanan ban pada kendaraan anda normal ya sobat sesuai dengan standarnya agar tidak berpengaruh pada stir mobil anda yang akan terasa berat.

Untuk mengantisipasinya lakukan pengecekan kondisi tekanan ban mobil secara rutin. Tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama kok sobat untuk melakukan pengecekan. Sekarang sudah banyak gerai – gerai nitrogen buka di area SPBU.

Untuk itu anda bisa melakukan pengecekan dengan mudah. Tekanan ban yang tidak standar ternyata juga bisa memicu setir mobil bergetar saat direm lo sobat. Jadi jangan lupa perhatikan kondisi tekanan ban ya sobat demi kenyamanan anda saat berkendara.

4. Pastikan Roda Anda Selaras

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi stir yang berat pada mobil adalah dengan cara memastikan roda anda selaras. Tidak selaras dalam hal ini adalah apabila keseimbangn ban mobil sebelah kiri atau sebelah kanan tidak seimbang, yang menyebabkan mobil anda berat sebelah, hal seperti ini tentunya akan berpengaruh pada setir anda, yang bisa aja mengakibatkan stir mobil anda akan berat.

Anda bisa melakukan sporing dan balancing agar roda mobil anda lurus dan seimbang. Ketidak seimbangan seringkali terjadi karena mobil sering melalui medan – medan ekstrim atau pun cara berkendara anda yang kasar yakni dengan melakukan gas rem secara tiba – tiba.

Terkadang karena jiwa muda yang inginnya cepat, tidak peduli dengan keberadaan polisi tidur, kemudian menerjangnya begitu saja tanpa mengurangi kecepatan laju mobil. Kebiasaan – kebiasaan yang tidak anda sadari seperti itu, mulai sekarang wajib diperhatikan ya sobat. Selain itu kondisi roda yang tidak stabil bisa menjadi penyebab setir mobil tidak stabil seiring berjalannya waktu.

5. Pahami Bagaimana Cara Mengemudi yang Benar

Cara mengemudi yang kurang tepat akan membuat pengemudi menjadi tidak nyaman. Setir akan terasa berat khususnya mobil yang belum menggunakan teknologi power steering (kemudi otomatis). Misalnya saja mengatur posisi duduk terlalu ke belakang atau pun terlalu ke depan.

Rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh pengemudi akan menyulitkannya sendiri saat mengendalikan stir. Bayangkan saja jika tempat duduk anda terlalu kebelakang, tentu saja tangan anda akan tegang dan kesulitan mengendalikan stirnya. tips berkendara jarak jauh bisa anda coba sobat, salah satunya mengatur posisi duduk yang tepat.

X