Cara mengatasi ngantuk saat mengemudi

Gejala Kendaraan yang Perlu Servis Spooring dan Balancing
01/10/2019
Tips Liburan Asik dengan Mobil Pribadi
15/10/2019

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa kantuk pada saat mengemudi. Rasa kantuk yang datang pada saat berkendara juga menjadi suatu kendala yang sebaiknya kita waspadai lho. Apalagi bila kita kurang paham dengan cara menghilangkan kantuk saat mengemudi.

Tak hanya itu, saat melakukan perjalanan yang jauh dan melelahkan, rasa kantuk bisa datang secara tiba-tiba. Parahnya hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Bahkan tidak hanya bisa membahayakan diri sendiri, rasa kantuk yang tidak segera diatasi akan membahayakan pengendara lain yang lalu lalang di sekitar kita.

Karena itu, ada baiknya kita selalu menyiapkan diri dan mewaspadai agar rasa kantuk yang kita rasakan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Jika kita merasa mengantuk dan kelelahan saat mengemudi, sebaiknya hentikan perjalanan dan beristirahatlah hingga rasa kantuk tersebut hilang

1. Mendengarkan Musik dengan Tempo yang Cepat

Untuk menghindari rasa kantuk, cobalah untuk mendengarkan musik bertempo cepat serta berirama riang. Sebaliknya, hindari mendengarkan musik yang alunannya mendayu-dayu. Karena musik tersebut malah membuat kita makin mengantuk.

“Musik bertempo cepat bisa jadi penghilang rasa kantung saat mengemudikan kendaraan”

2. Mintalah untuk Ditemani saat Mengemudi

Cara menghilangkan kantuk saat mengemudi selanjutnya ialah dengan mengajak seorang teman atau anggota keluarga yang tentunya bisa menemani kita sepanjang perjalanan. Dengan cara ini, kita bisa mengobrol bersama teman kita pada saat mulai mengantuk. Lebih dari itu, akan lebih baik bila teman yang bersama kita bersedia bergantian mengemudi.

3. Minum Kopi

Apabila mata dan tubuh kita sudah benar-benar merasa lelah, ini pertanda kita membutuhkan kafein untuk membantu menjaga kesadaran saat mengemudi. Apalagi mengingat kopi adalah sumber kafein terbesar. Sebaiknya, minumlah kopi secukupnya saat sudah muncul rasa mengantuk.

4. Buka Kaca Jendela Sesekali

Cobalah untuk membuka kaca jendela mobil agar udara di dalam kabin mobil menjadi segar. Udara yang masuk ke dalam mobil membuat kita segar kembali dan rasa kantuk juga hilang.

5. Menepi dan Berhentilah Sebentar

Ada saatnya kita harus berhenti sejenak untuk melakukan peregangan. Peregangan bisa membangkitkan rasa segar dan membuat rasa mengantuk hilang.

6. Berhenti dan Tidur Sebentar

Apabila cara menghilangkan kantuk saat mengemudi di atas tidak berhasil, sebaiknya kita menepikan mobil di tempat yang aman atau di rest area dan tidur sebentar sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

X