Cuaca Kemarau, Waspada Mobil Overheat Saat Macet !

Tips Persiapkan Mobil Ketika Musim Hujan
22/10/2019
Kenali Bahaya Blind Spot Saat Berkendara
30/10/2019
Panasnya suhu di siang hari tidak jarang bisa mencapai lebih dari 38 derajat celsius. Saking panasnya, tentu berpotensi membuat suhu temperatur mesin mobil menjadi lebih tinggi (overheat), terutama saat terjebak di kemacetan.
Masalah overheat, sebenarnya tidak akan terjadi apabila sistem pendinginan mesin mobil tersebut dalam kondisi normal. Sayangnya, tidak jarang beberapa pemilik mobil kurang rajin memperhatikan dan melakukan pengecekan rutin pada sistem pendinginan mesin mobilnya.
1. Pastikan radiator berfungsi dan tidak ada kebocoran
Hal pertama yang harus diperiksa dan dipastikan kondisinya dalam keadaan baik adalah radiator. Radiator memiliki peran mendinginkan suhu panas pada mesin mobil.
Selalu pastikan radiator bekerja dengan baik dan tidak ada kebocoran air, baik itu dari sambungan pipa maupun komponen radiator itu sendiri.
2. Pastikan kipas radiator berfungsi maksimal
Selanjutnya yang harus diperiksa ialah kipas radiator. Kerja radiator tentu saja tidak akan berguna apabila kipas radiator tidak dapat bekerja maksimal dan sesuai standar.
Pastikan kipas radiator mobil dapat berputar secara kencang saat suhu mesin sudah mulai meninggi. Apabila putaran kipas lemah, tentu harus segera diperiksa apakah ada kerusakan pada komponen kipas tersebut atau tidak.
3. Pastikan air radiator dalam batas aman
Selanjutnya, tentu saja air radiator itu sendiri. Pastikan air radiator pada tabung cadangan atau reservoir dalam posisi tidak di bawah batas minimal dan tidak melebihi batas maksimal.
4. Pastikan tutup radiator dapat menutup dengan sempurna
Hal terakhir yang terkadang sering diabaikan oleh pengguna mobil adalah kerapatan tutup radiator. Apabila tutup radiator tidak dapat menutup sempurna, maka dapat membuat air yang ada pada radiator akan luber saat mendapatkan tekanan tinggi.
X