Istilah Asuransi Mobil Yang Wajib Kamu Tau

3 Langkah Mudah Mendownload dan Daftar Aplikasi Lautan Berlian Prioritas
18/10/2019
Tips Persiapkan Mobil Ketika Musim Hujan
22/10/2019

Beberapa istilah asuransi mobil terkadang membingungkan. Pada akhirnya Anda malah terjebak dengan premi asuransi yang mencekik atau asuransi yang memberikan pelayanan buruk. Untuk itulah Anda perlu memahami beberapa istilah dalam asuransi berikut ini.

Sebagai pembeli mobil, Anda pasti pernah disodorkan aplikasi untuk asuransi kendaraan Anda. Asuransi ini tentunya berguna jika suatu saat kendaraan Anda mengalami hal buruk yang tidak diinginkan. Misalnya tabrakan atau hilang dicuri.

Tetapi sebelum menyetujui untuk menggunakan asuransi mobil tertentu, sebaiknya Anda memahami benar tentang asuransi tersebut termasuk hak dan kewajiban Anda. Namun terkadang Anda merasa bingung memahami istilah asuransi mobil yang ada dalam formulir pengisian data asuransi tersebut.

Berikut beberapa istilah asuransi mobil yang perlu Anda pahami:

1. Polis Asuransi

Ini merupakan istilah yang menyebut kontrak perjanjian antara Anda sebagai tertanggung dan pihak asuransi sebagai penanggung. Kontrak tersebut berisi apa yang akan dipertanggungkan oleh pihak asuransi dan apa yang tidak.

2. Premi

Merupakan istilah asuransi mobil yang menyebut berapa besar biaya yang perlu Anda bayarkan tiap bulan atau tiap tahun atas apa yang Anda asuransikan.

3. Comprehensive

Biasanya merupakan istilah lain untuk menyebut jenis tanggungan All Risk. Artinya pihak asuransi akan memberikan jaminan atas kerugian atau kerusakaan pada kendaraan Anda dari segala risiko.

4. Deductible (Own Risk)

Sebuah biaya yang harus dikeluarkan oleh Anda ketika mengajukan klaim yang tidak ditanggung oleh polis asuransi Anda. Tujuannya untuk menghindari klaim kecil-kecil sehingga Anda lebih bisa menjaga kendaraan Anda.

5. Klausul

Tambahan dari polis yang sudah ada berkenaan dengan masalah tertentu yang sudah tertuang dalam kontrak atau polis asuransi Anda.

6. Malicious Damage

Kerusakan kendaraan akibat tindakan seseorang yang dengan sengaja merusak kendaraan Anda akibat dendam, marah, benci, atau vandalisme.

7. Personal Accident

Pemberian jaminan kepada pemegang polis asuransi jika mengalami kerugian fisik yang menyebabkan kematian atau cacat anggota tubuh, baik untuk pengemudi maupun seluruh penumpang di kendaraan yang diasuransikan tersebut akibat kecelakaan.

8. Third Party Liability

Merupakan istilah asuransi mobil yang menunjuk siapa pihak yang akan menjamin kerugian jika sebuah kecelakaan melibatkan pihak ketiga yang disebabkan oleh kendaraan yang diasuransikan.

9. Grace Periode

Merupakan jangka waktu setelah berakhirnya jatuh tempo pembayaran premi asuransi Anda. Pada kondisi ini polis asuransi masih dianggap tetap berlaku.

10. Adjustable Premium

Istilah asuransi mobil yang menunjuk pada hak pihak asuransi untuk mengubah tarif premi kepada Anda misalnya karena pembaruan kontrak.

X