Makanan ini Bisa membuat konsentrasi dalam mengemudi

Beberapa Penyebab Cat Mobil Kusam dan Berjamur
05/11/2019

Ketika mengemudi, hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh pengemudi adalah konsentrasi yang baik. Hal ini dikarenakan tuntutan pengemudi yang harus selalu sigap dan selalu dalam kondisi bugar saat berkendara. Salah satu yang dapat mempengaruhinya adalah jenis makanan yang dikonsumsi oleh pengendara.

Selain istirahat yang cukup, asupan makanan yang tepat sebelum melakukan perjalanan juga dibutuhkan agar konsentrasi tetap terjaga.

Hal yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak. Sebab, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dapat menyebabkan kantuk secara tiba-tiba,” ucap salah satu ahli gizi di rumah sakit yang berada di wilayah Jakarta Selatan, Mieke Saraswati, seperti dilansir laman Otodriver.com.

“Agar konsenstrasi saat berkendara tetap stabil dan terjaga, tentu dibutuhkan asupan makanan yang tepat,” sambung Mieke lagi.

Lalu jenis makanan apakah yang mampu menahan stamina serta konsentrasi dengan baik selama berkendara?

Nah, berikut ini adalah jenis makanan yang bisa Anda coba, antara lain yaitu:

Pisang

Agar durasi konsentrasi otak berlangsung lama, maka buah ini merupakan pilihan yang tepat. Pisang sendiri kaya akan nutrisi dan energi, kandungan kalium, mangan, serat, dan vitamin B yang membantu tubuh untuk memproduksi serotine, dopamine, dan norepinephrine yang akan membuat konsentrasi pengendara tetap fokus dan terjaga.

Blueberry

Buah ini tidak hanya kaya akan vitamin C dan K, namun juga mengandung antioksidan tinggi. Buah mungil ini merupakan salah satu buah yang paling sehat karena mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, seperti membantu melindungi sel-sel otak dari efek negatif stres dan rasa cemas. Selain itu, buah ini juga dapat membantu meningkatkan daya otak serta konsentrasi dalam waktu lama.

Almond dan Kenari

Almond dan kenari merupakan jenis makanan yang terbuat dari kacang-kacangan sehingga cukup baik untuk meningkatkan konsentrasi otak saat mengemudi kendaraan. Di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang sangat baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti omega 3, antioksidan, serta vitamin B6 dan E yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga menjadi stimulasi yang baik untuk otak agar dapat berkonsentrasi lebih lama.

Kafein

Jenis makanan ini paling sering dijumpai pada the, cokelat dan minuman berenergi karena mengandung stimulus yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi seseorang setelah memakannya. Selain itu, kafein juga dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa kantuk yang biasanya melanda saat mengemudi, terutama ketika melakukan perjalanan jauh. Meski begitu, dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebaiknya tidak terlalu berlebihan. Sebab, hal ini dapat mengurangi cairan dalam tubuh sehingga mudah dehidrasi.

X