Pahami Cara Berkendara yang Baik untuk Hemat Konsumsi BBM

Pembelian Pertama Pajero Dakar 4×2 di Lautan Berlian Milik Bapak Cahyono
17/05/2019
Fuso FE74 Berdaya Angkut Besar Pendukung Usaha Bapak Mulya
25/05/2019

Sebelum melakukan perjalanan jauh banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari pengecekan kendaraan pribadi hingga persiapan fisik. Selain itu, pengemudi juga harus menyiapkan dana yang cukup untuk keperluan selama di perjalanan, seperti bensin, bayar tol, beli makanan, serta keperluan lainnya.

Nah, pengeluaran dana ini harus selalu dicermati ya Otolovers. Jangan sampai perjalanan yang seharusnya menyenangkan, malah bikin kantong kita bolong.

Untuk mensiasati pengeluaran berlebih, menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi solusinya. Ada satu tips yang bisa Otolovers kerjakan, yaitu Eco-driving. Dilansir dari Statefarm, ada beberapa cara mudah untuk melakukan Eco-driving.

Akselerasi Kendaraan Secara Perlahan

Melakukan Eco-driving sangatlah mudah. Pertama dan yang terpenting, Otolovers harus berkendara dengan tenang, tanpa tergesa-gesa. Hindari Stop and Go secara mendadak dan sering-seringlah melakukan akselerasi secara perlahan.

Jaga Kecepatan Kendaraan

Berkendara dengan kecepatan stabil memang cukup sulit dilakukan, apalagi kalau jalanan sedang sepi. Secara spontan, kebanyakan pengendara akan memacu kendaraan sekencang mungkin. Namun untuk Eco-driving, hal ini harus dihindari.

Kecepatan yang stabil merupakan bagian penting dari Eco-driving. Otolovers harus mengontrol kecepatan kendaraan secara bijak, hindari menaikkan kecepatan yang tidak perlu, serta rem mendadak.

Hindari Batas Maksimal Kecepatan

Hal yang patut dihindari dari Eco-driving adalah memacu kendaraan terlalu berlebihan, bahkan sampai melebihi batas maksimal kecepatan.

Ketika Otolovers memacu kendaraan sekencang mungkin, maka isi tangki kendaraan akan cepat terkuras. Semakin kencang kendaraan melaju, maka semakin banyak pula konsumsi BBM, serta bertambah pula isi kantong yang keluar.

Matikan Mesin saat Berhenti

Cara terakhir untuk menghemat konsumsi BBM dengan Eco-driving adalah sering matikan mesin jika kendaraan berhenti, kecuali di lampu merah. Dikarenakan pengendara harus selalu siaga, agar bisa menghindari apa pun yang tidak diinginkan.

Apabila akan berhenti lebih dari 30 detik, seperti di tempat parkir, pinggir jalan, atau saat mengisi BBM, sebaiknya matikan mesin dan menyalakannya lagi jika akan melanjutkan perjalanan. Cara ini cukup efektif untuk menghemat konsumsi BBM kendaraan lho Otolovers.

 

 

Narasumber : https://www.otosia.com/berita/pahami-cara-berkendara-yang-baik-untuk-hemat-konsumsi-bbm.html

-1
X