Penyebab Ac Mobil Keluar Air

Ingin Hemat Biaya Perawatan Mobil? Ikuti Tips Ini!
23/07/2019
5 Cara Mengatasi Stir yang Berat Pada Mobil
06/09/2019

Penyebab ac mobil keluar air atau pun penyebab ac mobil tidak dingin bisa di deteksi sejak dini sebelum kondisinya semakin bertambah parah. Apabila ac mobil sudah mulai meneteskan air, Sobat Prio wajib waspada dan segera melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap kejadian tersebut.

Kebiasaan – kebiasaan yang kurang baik yang Sobat Prio lakukan setiap harinya terhadap ac mobil ternyata juga ikut menyumbang ac mobil Sobat Prio menjadi lebih cepat keluar air. Jika dibiarkan secara terus menerus, maka ac akan mengalami kerusakan parah.

simak bersama – sama penjelasan penyebab di bawah ini :

1. Penggunaan Non Stop Dalam Jangka Waktu Lama 

Ketika bepergian jauh keluar kota, sebaiknya sering – seringlah beristirahat. Selain mengistirahatkan tubuh, komponen mobil seperti halnya ac juga perlu diistirahatkan juga agar kondisinya tetap prima.

Apalagi perginya dengan jarak tempuh ratusan kilometer dan waktu puluhan jam, wajib untuk diistirahatkan terlebih dahulu. Penggunaan dalam jangka waktu lama dan posisi paling dingin akan menyebabkan keluarnya air.

2. Terjadi Masalah Pada Bagian Evaporator

Penyebab ac mobil keluar air berikutnya ialah karena terjadi masalah pada bagian evaporator. Biasanya pada bagian saluran khusus sebagai tempat pembuangan di bagian bawah evaporator terjadi proses penyumbatan dan akhirnya membuat air menetes mulai dari bagian bawah dashboard mobil.

Sehingga secara otomatis akan membasahi bagian karpet mobil. Penyumbatan pada bagian saluran pembuangan ini bisa dilihat jika air mulai menetes dari bagian kolong mobil saat Sobat Prio mulai menghidupkan AC.

Akibat lainnya yang mungkin saja terjadi pada saat AC mobil bocor ialah selang saluran buang pada bagian rumah evap kondisinya terlepas. Beberapa hal yang menjadi penyebab utama tersumbatnya  bagian saluran pembuangan air kondensasi seperti misalnya evaporator yang kondisinya kotor sering membentuk menyerupai lendir atau pun gel yang tidak bisa berubah mencair.

Gel tersebut yang memicu penyumbatan pada bagian saluran buang yang terdapat di rumah evaporator AC mobil. Kemudian bisa juga kotoran atau daun kering yang terhisap oleh blower.

Kemungkinan lain ada tikus yang masuk atau pun bersarang dan memakan busa pada bagian saluran sirkulasi udara. Bekas serpihan busa yang dimakan tadi akan terhisap ke dalam bagian evaporator apabila AC mobil tidak dilengkapi dengan filter.

3. Saluran Drain Hose Tersumbat 

Penyebab terjadinya ac mobil menjadi meneteskan air biasanya dikarenakan pada bagian sistem ac mobil, khususnya pada bagian evaporator. Peristiwa kondensasi akan terjadi pada permukaan evaporator saat ac mulai dinyalakan sehingga secara terus menerus akan menghasilkan air.

Jika dibiarkan saja, maka air tersebut akan menggenangi bagian rumah evaporatornya. Hal ini terjadi karena bagian drain hose (saluran buang kondensasi) mengalami penyumbatan.

Bagian selang pembuangan yang tersumbat tidak akan meneteskan air, melainkan tetesan air berpindah menetes ke bagian kolong mobil ketika mesin mobil mulaei dinyalakan. Bisa disimpulkan bahwa air hanya menetes di bagian bawah mobil, apabila bagian drain hose tidak mengalami penyumbatan (bekerja normal).

 

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai penyebab ac mobil keluar air diharapkan nantinya bisa membantu memudahkan Sobat Prio dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi saat belajar dan menambah wawasan baru. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel ini.

Sumber: https://showroommobil.co.id

X