Periksa Kondisi Mobil Di Bengkel Resmi Dan Dapatkan Promo Menariknya

MENANGKAN IPHONE X DENGAN MENGIKUTI KOMPETISI FOTO #BULANBAIKXPANDER
22/05/2018
IMEC Jabodetabeka Berbuka Puasa Sekaligus Berbagi Rezeki Bersama Anak Anak Panti Yatim Piatu
31/05/2018

Bulan suci Ramadhan sudah datang, ini berarti sebentar lagiakan banyak Mitsubishi Family bersiap untuk pulang ke kampung halaman masing-masing. Bagi Anda akan menempuh ratusan bahkan ribuan kilometer dengan menggunakan mobil pribadi untuk pulang kampung sebaiknya melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Demi melancarkan perjalanan jauh yang berharga ini, kesehatan mobil dan pengemudinya tentu harus menjadi perhatian khusus. Khusus persiapan bagi kendaraan, tidaklah berbeda dengan perawatan berkala pada umumnya. Poin pekerjaannya pun masih terbilang sama, namun terdapat sedikit tambahan yang berfungsi menunjang aspek pengendalian yang lebih baik. Selain itu, terdapat juga alasan mengapa harus melaksanakannya di bengkel resmi.

Apa saja pekerjaan servis yang masuk dalam kategori ini? Simak penjelasan berikut ini supaya perjalanan mudik Mitsubishi Family jadi lebih aman dan nyaman.

 

Ganti Pelumas Mesin

Peran dari cairan ini adalah melindungi komponen bergerak di ruang mesin dari gesekan-gesekan dan mendukung pendinginan agar pembakaran berlangsung maksimal. Jika menurut estimasi Anda, jarak tempuh mudik akan melebihi jarak pakai pelumas, Anda dapat mengganti pelumas terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Dengan begitu, performa dari mesin tetap tersaji dan tidak perlu repot harus mengganti pelumas di perjalanan.

Kelebihan yang didapat dengan melakukan pekerjaan ini di bengkel resmi adalah metode penggantian pelumas yang sudah berstandar dan dikerjakan dengan alat-alat yang memadai seperti contohnya car lift. Selain itu, benefit lain yang diberikan adalah terjaminnya keaslian pelumas dan terjaganya masa kadaluarsa.

Jangan sampai Anda mengesampingkan hal ini, karena jika pelumas yang sudah seharusnya diganti tapi tetap dipaksa digunakan saat perjalanan jauh maka pelumas akan mengental dan menyerupai seperti lumpur yang memadati bak penampung oli. Satu lagi yang menjadi standar dari penggantian pelumas mesin biasanya diikuti dengan penyaring oli (oil filter) yang baru.

Cek Kondisi Radiator

Kondisi jalanan yang panjang ditambah dengan cuaca yang panas saja sudah membuat kondisi mobil butuh pendinginan maksimal. Apalagi kalau ditambah dengan kondisi jalan yang padat atau sampai macet panjang, bisa menyebabkan mobil overheat atau kepanasan. Akibatnya jika terus dipaksakan maka mobil akan mogok sendiri. Untuk itu Anda perlu memeriksa kondisi radiator yang mengatur pendinginan di ruang mesin.

Paling tidak Anda bisa mengecek kondisi air radiator di tabung cadangan apakah normal atau tidak. Perlu diingat komponen penting dalam radiator bukan hanya cairan pendingin (coolant) saja, tetapi ada beberapa komponen lainnya seperti kipas hingga kisi-kisi radiator. Di bengkel resmi, pemeriksaan ini dilakukan menyeluruh mulai dari mendeteksi pemakaian coolant sampai dengan kinerja dari kipas yang bekerja secara elektris.

Cek Kondisi Rem

Piranti yang satu ini juga wajib dijaga dan sangat krusial karena bisa menghindari Anda dan keluarga dari kecelakaan. Terutama saat melesat di jalan tol,  ketika mobil melaju dengan kecepatan di atas 60 km per jam.

Piranti pengereman ini tidak hanya ada di kampas rem dan piringan cakram saja, tapi juga meliputi minyak rem, master rem, dan juga pedal rem itu sendiri. Ketika melakukan service berkala, pekerjaan seperti pemeriksaan kampas rem apakah masih tebal atau sudah tipis, lalu pengecekan piringan cakram  dan memastikan respon pengereman yang baik plus menginspeksi kondisi warna minyak rem merupakan hal yang pasti diperiksa saat pengecekan rem.

Ada satu hal yang perlu menjadi perhatian di sini, karena bila hal ini Anda lakukan tanpa supervisi akan berdampak ke kualitas pengereman mobil dan menjadi sangat buruk serta berbahaya. Minyak rem boleh saja Anda tambahkan, tetapi untuk menggantinya lebih baik dilakukan di bengkel resmi. Karena butuh kepastian tidak ada udara yang terperangkap di silinder rem, jika tidak semua rem Anda akan tidak maksimal.

Periksa Kolong Mobil

Satu lagi keuntungan periksa mobil di bengkel resmi adalah adanya Car lift. Selain bermanfaat saat mengganti pelumas mesin dan pengecekan pengereman, juga bisa menyediakan ruang lapang ketika memeriksa bagian bawah mobil. Di sinilah, para mekanik bisa melakukan pengencangan baut-baut dan mur sesuai dengan ketentuan.

Tak hanya itu, mekanik juga bisa melakukan pengecekan lainnya seperti kondisi dari sistem peredam kejut atau suspense. Serta inspeksi jika ada kebocoran atau situasi yang dapat menganggu perjalanan mudik. Meskipun terdengar sepele, tetapi proses dalam rangka pengencangan baut dan mur tidak bisa dilakukan dengan sembarang peralatan. Disarankan memakai kunci torsi dan menggunakan perhitungan yang baku.

Kemudian untuk suspensi juga penting, karena kontur jalan yang menanjak dan tidak rata dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Melalui pemeriksaan ini, mekanik bisa melihat apabila terdapat sesuatu keganjilan yang tidak sesuai dengan normal. Akan tetapi perlu diingat bila hal ini berlaku jika mobil Anda dalam kondisi standar bukan modifikasi.

Spooring & Balancing

Fasilitas lain yang tersedia di bengkel resmi dan berguna dalam menunjang kondisi mobil siap untuk mudik adalah Spooring & Balancing. Keduanya merupakan kombinasi yang bermanfaat dalam menyajikan pengendalian yang baik, namun memiliki perbedaan orientasi, di mana yang satunya bermain di sudut chamber dan caster dan satu lagi di ban nya itu sendiri.

Spooring bertujuan untuk memastikan posisi setir kendaraan dalam keadaan lurus dengan mengacu ke sudut peletakkan ban yakni chamber dan caster. Bila mengemudi dengan setir yang tidak lurus maka akan terjadi efek menarik ke kiri atau ke kanan dan berbahaya saat kecepatan tinggi. Sedangkan balancing, berfungsi untuk menyeimbangkan kinerja ban dengan memastikan tapak bannya berada dalam proporsi yang sesuai. Bila ditemukan ada keausan maka akan dilakukan rotasi. Karena keausan yang tidak merata itu menandakan bahwa ban tersebut perlu dibalancing.

Memang jika dilihat semua pekerjaan di bengkel resmi ini bisa juga dilakukan di bengkel biasa, namun patut diingat jika bengkel resmi ini memiliki garansi pengerjaan yang tentunya dapat diterima di bengkel-bengkel Mitsubishi di seluruh Indonesia. Jadi perjalanan mudik Anda akan tetap aman dan nyaman jika sudah memeriksakan mobil Mitsubishi kesayangan Anda ke bengkel resmi.

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, PT MItsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menyiapkan promo menarik bagi Anda yang ingin melakukan pemeriksaan kendaraan di bengkel resmi Mitsubishi seluruh Indonesia.

Ayo periksakan kondisi mobil Mitsubishi Sahabat Lautan Berlian di 28 Jaringan Pelayanan Lautan BerlianKu, yang tersebar di wilayah Jakarta, Lampung, Sumbagsel dan Bengkulu . Dapatkan Pelayanan Terbaik dari Kami.

 

 

 

Narasumber : Mitsubishi Motors ( https://www.mitsubishi-motors.co.id/category/news-id/periksa-kondisi-mobil-di-bengkel-resmi-dan-dapatkan-promo-menariknya )

X