Teknologi ABS Membuat Anda Lebih Aman Saat Berkendara

Off Road Mode di Pajero Sport
02/01/2019
Mitsubishi FUSO Andalan Sejati
08/01/2019

Saat mobil sedang dipacu dengan cepat dan tiba-tiba harus melakukan pengereman mendadak biasanya terjadi ketidak seimbangan akibat terjadinya slip. Oleh karena itu Mitsubishi Triton melengkapi sistem pengeremannya dengan teknologi ABS (Anti-lock Brake System). Dengan teknologi ABS kemudi tidak akan terkunci saat terjadi pengereman mendadak.

Lalu bagaimana cara kerja rem ABS? Sistem anti-lock braking memiliki empat komponen utama yang saling terkait, satu sama lain. Keempat komponen ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, kompenen tersebut antara lain:

  1. Sensor Kecepatan
    Sensor ini berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda, terdapat di setiap roda atapun di diferensial (tergantung dari pabrik).
  2. Katup Pengereman
    Di setiap jalur minyak rem terdapat katup, dan katup ini dikendalikan oleh komputer / kontroler ABS. Secara umum, katup rem memiliki tiga posisi yang berbeda.

    Katup Posisi Satu: Dalam posisi ini, katup dalam posisi terbuka penuh, sehingga tekanan minyak rem secara penuh, langsung diteruskan ke rem.

    Katup Posisi Dua: Dalam posisi ini, katup akan menghalangi tekanan minyak rem, sehingga tekanan tidak akan diteruskan ke rem walaupun pengemudi menekan rem.

    Katup Posisi Tiga: Dalam posisi ini, katup akan menghalangi sebagian dari tekanan minyak rem, sehingga tekanan hanya setengah yang diteruskan ke rem, walaupun pengemudi menekan rem secara penuh.

  3. Pompa
    Fungsi dari pompa ini adalah mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan oleh katup ke rem.
  4. Kontroler / Komputer
    Fungsi dari alat ini adalah otak yang mengendalikan katup dan mengolah data dari sensor kecepatan.

Narasumber : https://www.rentalmobilbali.net/cara-kerja-rem-abs/

X