Tips Aman Berkendara untuk Pengemudi Truk Mitsubishi Fuso

Membersihkan Interior Mobil Agar Terlihat Baru
09/02/2019
Mengenal Fungsi dan Kegunaan dari Fitur Cruise Control
16/03/2019

Supir truk selalu dibutuhkan untuk memobilisasi berbagai jenis barang, baik itu alat-alat industri, alat angkut untuk perusahaan tambang, kendaraan niaga untuk sektor pertanian dan lainnya. Maka dari itu, supir truk harus memperhatikan keselamatannya. Seorang supir truk biasanya melakukan perjalanan yang panjang dan tidak mengenal waktu, dan muatan barang yang banyak menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan.

Untuk keselamatan pengemudi truk, berikut akan kami paparkan beberapa tipsnya:

  1. Cek Kondisi Truk Sebelum Berangkat

    Lakukanlah pengecekan terhadap kondisi truk sebelum berangkat. Poin ini merupakan kunci keselamatan Anda di jalan.

  1. Berkendara Aman

    Hindari cara mengendarai truk dan hindari pengendara truk yang aggressive (ugal-ugalan) di jalan untuk keselamatan. Mengemudilah dengan tenang dan kontrol emosi pada saat berkendara.

  1. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

    Selalu mematuhi peraturan lalu lintas adalah salah satu cara aman berkendara. Beberapa tata tertib yang wajib Anda patuhi diantaranya seperti memperhatikan rambu-rambu lalu lintas, tidak melebihi batas kecepatan, menggunakan sabuk pengaman dan lainnya.

  1. Hindari Pandangan yang Terhalang

    Pandangan yang terhalang pada saat berkendara bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya dikarenakan oleh cuaca buruk atau hujan. Selalu perhatikan cara berkendara aman dengan memperhatikan pandangan Anda agar jangan sampai terhalangi. Bersihkanlah kaca pada bagian depan maupun belakang agar nyaman berkendara.

  1. Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

    Ikuti aturan 2 detik, yaitu menjaga jarak sepanjang dua detik dengan kendaraan yang berada di depan. Bila di tol, maka aturan yang diterapkan menjadi 4 detik, atau bahkan menjadi aturan 5 detik. Aturan ini bahkan telah diterapkan di negara-negara maju untuk keselamatan pengendara.

Demikian ulasan tentang tips berkendara aman pada saat mengendarai truk. Selalu perhatikan poin-poin di atas agar keselamatan menjadi lebih terjamin dan barang yang diantar pun aman sampai tujuan.

X