Tips Liburan Asik dengan Mobil Pribadi

Cara mengatasi ngantuk saat mengemudi
08/10/2019
7 Fitur Andalan Aplikasi Lautan Berlian Prioritas
17/10/2019
1. Cek Kesehatan Kendaraan
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kesiapan mobil untuk melaju jarak jauh. Kesehatan mobil harus sangat diperhatikan, misalnya kondisi mesin, rem, oli, aki, shock breaker, ban, lampu-lampu dan spare part lainnya. Apakah mereka masih dalam keadaan prima atau tidak. Karena kalau tidak, hal ini akan berakibat fatal pada perjalanan. Ada baiknya, sebelum pergi, lakukan servis terlebih dahulu kendaraan yang akan dibawa melancong.
Lalu bagaimana dengan mobil rental? Bagi Sobat Prio yang berencana akan menyewa mobil, lebih baik katakan kepada pemilik rental bahwa mobilnya akan dibawa untuk perjalanan jauh, mintalah mobil dengan keadaan prima. Tentunya pemilik sewaan mobil juga tidak ingin asetnya kenapa-kenapa dengan menyewakan mobil tidak prima untuk perjalanan jauh.
2. Pastikan Muatan Tidak Melebihi Kapasitas
Dengan siapa Sobat Prio akan berlibur? Dengan teman atau dengan keluarga? Berapa penumpang yang akan diangkut berlibur? Ini penting diperhitungkan karena mobil untuk perjalanan jauh jangan sampai melebihi kapasitas muatan agar aman selama perjalanan. Jangan sampai mobil sedan dengan kapasitas lima orang diisi 6-7 orang. Padahal idealnya 4-5 orang. Belum lagi barang bawaan. Sedangkan untuk jenis mobil minibus, idealnya 7-8 orang.
Ini dilakukan juga untuk kenyamanan Sobat Prio dan teman seperjalanan di mobil. Selain berdesak-desakan dan sumpek karena penumpang beserta barang bawaannya di mobil, kelebihan muatan juga bisa berakibat buruk pada laju kendaraan. Mobil dengan kelebihan muatan akan berjalan tidak stabil karena suspensi dan ban menerima beban berlebihan akibatnya kerja komponen tersebut menjadi tidak maksimal.
3. Perhatikan Medan Jalanan
Ini berkaitan dengan daerah tujuan wisata. Apakah Sobat Prio akan berlibur ke daerah pantai, pegunungan, atau hanya sekadar menjelajah lika-liku kota orang. Misalnya, Sobat Prio akan pergi ke puncak, Bogor, berarti medan jalanan menuju ke sana didominasi jalan menanjak dan menurun untuk jalan pulangnya.
Jika hanya sekadar ingin berputar-putar menelusuri kota Bandung, setidaknya Sobat Priohafal jalan, tahu kapan belok sehingga tidak menyenggol separator jalan atau tiang yang tak bersalah. Terlebih banyak jalan satu arah di sana.
4. Bawa Uang dan Perbekalan yang Cukup
Dalam menempuh perjalanan jauh, lengkapi diri dengan uang dan perbekalan yang cukup. Uang dimaksudkan untuk jaga-jaga atas keperluan selama perjalanan. Jangan sampai tidak ada uang sama sekali saat bensin habis atau ban bocor
Selanjutnya, bekal yang dimaksud adalah makanan untuk camilan selama di jalan. Terlebih jika selama di perjalanan tempat makan sulit ditemui. Tapi ingat jangan terlalu banyak membawa makanan agar tidak bikin sumpek kabin.
5. Pastikan Bensin dan Kartu tol dalam Kapasitas Aman
Isi penuh bahan bakar sebelum berangkat untuk menghindari bensin habis di jalan. Belum lagi jika susah menemukan pompa bensin selama perjalanan. Selain itu, andai kata bensin sudah melewati batas setengah, segeralah mengisi ulang jika melewati pom. Jangan sampai bensin sudah tipis baru sibuk mencari pom, ini sangat riskan untuk perjalanan jauh.  Pastikan juga kartu tol juga cukup untuk membayar tol apabila jalur yang dilalui membutuhkan jalur bebas hambatan.
Utamakan Keselamatan Selama Perjalanan
Sesuatu yang paling penting di atas semuanya adalah keselamatan Sobat Prio dan teman seperjalanan. Oleh sebab itu, hindari hal-hal berbahaya selama perjalanan, seperti melanggar lalu lintas, kebut-kebutan, tidak memakai sabuk pengaman, dan lain sebagainya. Selain itu, beristirahatlah jika Sobat Prio lelah mengemudi, jangan paksakan diri bila lelah atau mengantuk. Menepilah ke pinggir jalan atau rumah makan untuk sekadar istirahat dan meregangkan otot. Hati-hati di jalan.
X