Unitized Injection Pump Teknologi Irit Bahan Bakar Pada Mitsubishi Fuso

Kemeriahan Acara Sales Appreciation Program 2018
17/01/2019
Unjuk Pesona dan Performa Mitsubishi Triton di Rembang
19/01/2019

“Hemat bahan bakar” menjadi salah satu pertimbangan beberapa kalangan masyarakat yang berencana untuk membeli sebuah mobil, salah satunya adalah jenis mobil yang termasuk segmen kendaraan niaga berat seperti truk. Mitsubishi sebagai salah satu perusahaan mobil raksasa asal Jepang telah memperhitungkan konsumsi bahan bakar beberapa jenis truk yang dimilikinya dengan menyematkan teknologi unitized injection pump yang memiliki kelebihan untuk menghemat bahan bakar.

Unitized injection pump merupakan sebuah teknologi yang memiliki keunggulan mumpuni serta irit BBM. Keunggulan utama dari teknologi ini adalah mesin tersebut bisa beradaptasi dengan bahan bakar dan mampu mengakomodir bahan bakar yang kurang baik. Teknologi ini pun bahkan telah terpasang pada setiap silinder mesin yang bisa bekerja secara individual dengan proses injeksi yang diatur melalui sistem elektronik. Dengan demikian, jika terjadi suatu permasalahan pada injector, maka penggantian injector dapat dilakukan satuan  dan tidak perlu seluruhnya.

Teknologi ini berbeda dengan sistem common rail injection pump yang terpusat pada satu pompa saja. Unitized injection pump memiliki kelebihan yang akan tetap beroperasi meskipun ada salah satu pompanya yang macet atau bermasalah. Jadi, mesin akan tetap beroperasi.

Misalnya mesin mempunyai enam buah silinder, maka pada setiap silinder terdapat satu pompa yang memiliki tugas untuk memasok bahan bakar. Kondisi inilah yang membuat sistem penggunaan bahan bakar pada mobil truk Mitsubishi Fuso menjadi lebih efisien sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing silinder.

Sejak awal kehadiran teknologi unitized injection pump untuk truk Fuso ini, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pun mulai melakukan ekspansi pasar kendaraan niaga berat di Indonesia. Beberapa kendaraan yang telah disematkan teknologi ini diantaranya seperti Fuso FJ 2523R, Fuso FI 1217 dan lainnya.

Itulah keunggulan teknologi unitized injection pump yang telah disematkan pada truk-truk Mitsubishi Fuso untuk kenyamanan pengguna pada konsumsi bahan bakar kendaraannya sehingga menjadi lebih hemat.

X