Mitsubishi

Berita

Cara Belajar Mobil Bagi Pemula
December 28, 2021

Salam hangat, Sahabat Mitsubishi Lautan Berlian.

 

Perkembangan teknologi saat ini semakin dinamis, terlebih dengan adanya transformasi digital dalam dunia bisnis yang menuntut perusahaan mampu beradaptasi agar tetap bisa menjalin koneksi yang erat dengan para customer-nya. 

 

Begitupun kami. Kini kami hadir menemani Anda semua dalam versi digital setelah sebelumnya terbit dengan 10 edisi dalam bentuk majalah cetak. Dengan kehadiran kami di ranah digital, kami berharap agar kami bisa lebih terkoneksi dengan Anda sekaligus meningkatkan pelayanan demi memberikan yang terbaik untuk Anda. 

 

Kami akan berbagi informasi seputar berita, tips, tren otomotif, isu terkini, info tentang produk Mitsubishi, dan masih banyak lagi, untuk bisa Anda nikmati sembari menemani waktu luang Anda. 

 

Untuk itu, selamat menikmati konten digital kami! Semoga kehadiran kami dengan wajah baru ini bisa menyenangkan hari Anda dan membantu menemukan apa yang Anda cari seputar dunia otomotif.

Cara Belajar Mobil Bagi Pemula

Buat Anda yang baru belajar mengendarai mobil, tentu belajar mengendarai mode manual jadi tantangan tersendiri. Dalam mode manual, pengemudi harus membagi konsentrasi dalam memperhatikan jalan dan mengoper gigi, beda dengan menyetir mobil matic yang mana pengemudinya hanya harus fokus pada gas dan rem.

 

Salah satu medan jalan paling sulit yang harus dikuasai pengemudi mobil manual adalah tanjakan. Di sini, pengemudi harus belajar teknik stop and go. Kalau Anda sudah mampu menguasai medan tanjakan, itu berarti Anda dinilai sudah mahir memainkan kopling, rem, dan pedal gas.

 

Sebelum belajar teknik stop and go di tanjakan, Anda disarankan untuk menguasai teknik ini di jalanan mendatar terlebih dahulu. Itu karena teknik stop and go yang dilakukan di jalan lurus pun kurang lebih caranya sama dengan yang di tanjakan. Berlatih terus melakukan stop and go di jalan datar sampai Anda benar-benar menguasai tekniknya.

 

Ada empat hal penting yang harus Anda perhatikan saat mengemudikan mobil manual: pedal gas, rem kaki, kopling, dan rem tangan. Kalau ingin meningkatkan kecepatan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan posisi rem tangan. Rem tangan harus berada di posisi aktif. Kemudian, injak pedal kopling pakai kaki kiri dan rem pakai kaki kanan. Masukkan transmisi ke gigi satu, lali angkat pedal rem, kopling, dan turunkan rem tangan bersama-sama secara perlahan.

 

Waktu melepas rem tangan, usahakan melepasnya dengan perlahan. Waktunya harus pas. Kalau dilepas terlalu lambat atau terlalu cepat, mobil bisa mundur, atau bahkan mesinnya mati. Perhatikan juga ban mobil Anda. Kalau sudah terasa bergerak, injak gas perlahan-lahan. Saat melakukan hal ini, perhatikan kondisi kemiringan jalan, kondisi kopling, dan gas mobil.

 

Buat Anda yang masih belajar dari awal, kuasai teknik stop and go di jalan lurus dan menanjak, tiga puluh sampai empat puluh persen dari total waktu belajar mengemudi. Mempelajari teknik ini harus dilakukan secara rutin sehingga Anda tidak akan gugup lagi ketika harus berhenti di tanjakan.

 

Memang, sebelum menguasai teknik stop and go, Anda sudah harus mahir memainkan pedal gas. Inilah salah satu hal yang juga membuat gentar pengemudi mobil pemula, mereka masih belum bisa menguasai pedal gas dan mengatur kecepatan.

 

Namun, tahukah Anda bahwa mobil-mobil sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang memungkinkan Anda untuk melaju tanpa menginjak pedal gas? Mobil Pajero Sport dan Xpander Ultimate dari Mitsubishi contohnya. Kedua mobil ini dilengkapi dengan fitur Cruise Control. Fungsi utama dari fitur ini adalah mobil bisa melaju dengan kecepatan stabil tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas terus-menerus. Fitur ini bisa sangat membantu pengemudi, karena mereka bisa mengistirahatkan kaki selama beberapa saat.

 

Meskipun fitur Cruise Control tidak bisa digunakan di tanjakan, fitur ini tetap bisa memudahkan Anda, bahkan seorang pemula, saat sedang mengemudi di jalanan lurus dan sepi dengan kecepatan konstan di atas 40 km/jam.

Sumber:

https://momobil.id/news/kenali-medan-yang-wajib-ditaklukan-bagi-pengemudi-mobil-manual/

https://www.mitsubishi-motors.co.id/news-events/mengenal-fungsi-dan-kegunaan-dari-fitur-cruise-control