Mitsubishi

Berita

Fakta-fakta Menarik di Balik Sirkuit Mandalika
December 23, 2021

Salam hangat, Sahabat Mitsubishi Lautan Berlian.

Perkembangan teknologi saat ini semakin dinamis, terlebih dengan adanya transformasi digital dalam dunia bisnis yang menuntut perusahaan mampu beradaptasi agar tetap bisa menjalin koneksi yang erat dengan para customer-nya. 

Begitupun kami. Kini kami hadir menemani Anda semua dalam versi digital setelah sebelumnya terbit dengan 10 edisi dalam bentuk majalah cetak. Dengan kehadiran kami di ranah digital, kami berharap agar kami bisa lebih terkoneksi dengan Anda sekaligus meningkatkan pelayanan demi memberikan yang terbaik untuk Anda. 

Kami akan berbagi informasi seputar berita, tips, tren otomotif, isu terkini, info tentang produk Mitsubishi, dan masih banyak lagi, untuk bisa Anda nikmati sembari menemani waktu luang Anda. 

Untuk itu, selamat menikmati konten digital kami! Semoga kehadiran kami dengan wajah baru ini bisa menyenangkan hari Anda dan membantu menemukan apa yang Anda cari seputar dunia otomotif.

6 Fakta Unik Seputar Sirkuit Mandalika yang Baru Diresmikan

 

Foto: https://ultimatemotorcycling.com/2020/11/20/motogps-largest-circuit-project-mandalika-almost-complete/

Bulan lalu, presiden Joko Widodo baru saja meresmikan sirkuit Mandalika yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit Mandalika sendiri merupakan jenis sirkuit jalan raya yang dibangun untuk memfasilitasi ajang balap paling bergengsi, yakni MotoGP dan WorldSBK di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya.

 

Sirkuit internasional ini memiliki panjang lintasan 4,31 km yang dilengkapi dengan tujuh belas tikungan. Dengan diresmikannya sirkuit ini, diharapkan Indonesia mulai melangkah menyejajarkan diri dengan negara lain dalam menyelenggarakan ajang balap motor bergengsi di dunia. Buat yang baru pernah dengar, mungkin Anda penasaran dengan sirkuit baru ini. Berikut enam fakta uniknya:

 

  1. Mengapa namanya Mandalika?

Nama sirkuit ini diambil dari legenda tokoh suku Sasak yang bernama Putri Mandalika. Diceritakan bahwa putri Mandalika berparas cantik jelita. Banyak laki-laki yang datang hendak melamarnya. Putri Mndalika mengumpulkan para pria pelamar tersebut. Kemudian, bukannya memilih salah satu di antaranya, ia malah melompat ke Pantai Seger dan hanyut terbawa ombak. Kisah ini masih dipercaya oleh masyarakat Lombok, sehingga upacara Bau Nyale masih terus dilakukan untuk menghormati putri Mandalika.

 

  1. Pembangunannya memakai produk asli Indonesia

Tahukah Anda bahwa pembangunan sirkuit ini menggunakan bahan-bahan asli Indonesia? Keseluruhan bangunannya sendiri terdiri dari garasi di lantai dasar, tribun penonton, dan kelas VVIP di lantai dua. Di lantai tiga, ada berbagai fasilitas pendukung.

 

  1. Desain motif batik

Ada area run-off di sirkuit balap Mandalika yang diberi motif batik. Ini memberikan ciri khas dan karakter pada Mandalika, yang membuatnya berbeda dari sirkuit-sirkuit kelas dunia lainnya. Motif batik ini dicat di run-off tikungan kelima belas dan keenam belas. Untuk batiknya sendiri, motif yang dipilih adalah motif kain tenun ikat khas Sasak, Lombok. Landasan utamanya dicat warna merah dan garis-garis motifnya menggunakan warna putih.

 

  1. Pakai teknologi aspal terbaru

Sirkuit ini menggunakan teknologi aspal terbaru yang dinamakan Stone Mastic Asphalt (SMA). Campuran aspal ini daya penetrasinya tinggi, sehingga risiko kecelakaan bisa diminimalisir saat lintasan basah. Sebelumnya, teknologi ini juga digunakan oleh tiga sirkuit kelas dunia lainnya di Australia, Abu Dhabi, dan Inggris.

 

  1. Bisa digunakan oleh masyarakat

Kalau sedang tidak digunakan, sirkuit Mandalika ini bisa dipakai oleh masyarakat umum. Salah satu fasilitas yang bisa diakses umum adalah fasilitas inner dan outer road. Jalanan ini bisa digunakan untuk bersepeda. Namun ingat, ini bukan lintasan utamanya ya.

 

  1. Pemandangan indah di sekelilingnya

Lombok sendiri dikenal akan keindahan destinasi wisata alamnya, terutama pantai. Para penonton dan pengunjung sirkuit Mandalika akan dimanjakan oleh pemandangan indah di sekelilingnya. Sirkuit ini dikelilingi oleh Pantai Kuta Mandalika, Pantai Tanjung Aan, Pantai Gerupuk, dan Pantai Seger.

Semoga keberadaan Sirkuit Mandalika membawa banyak dampak baik untuk Indonesia.

Sumber:

https://www.99.co/blog/indonesia/fakta-unik-sirkuit-mandalika/