Mitsubishi

Berita

Hentikan kebiasaan buruk matikan AC mobil saat hujan
February 28, 2020

Hingga saat ini masih banyak pengemudi yang mematikan AC mobilnya saat berkendara di tengah hujan. Alasannya kondisi cuaca sudah cukup sejuk sehingga tak perlu lagi penyejuk ruangan. Padahal anggapan itu salah, karena sebaiknya, jangan matikan AC mobil saat hujan. Kenapa ya? Jawabannya di bawah ini.

1. Mengganggu Pandangan Pengemudi

Embun di kaca depan akan mengganggu pandangan pengemudi

Ketika berkendara di tengah guyuran hujan, biasanya akan membuat kaca mobil berembun. Hal tersebut dikarenakan suhu pada bagian luar mobil lebih dingin dari suhu di kabin mobil. Tentunya kemunculan embun di kaca mobil ini akan mengganggu pandangan pengemudi, terutama ke arah depan. Apalagi jika hujan turun saat malam hari, dan penerangan jalan saat itu minim.

Jadi biarkan AC mobil tetap aktif bekerja meskipun kondisi cuaca di luar mobil hujan deras. Hal tersebut guna membuat suhu udara antara di luar dan di dalam kabin setara. Dengan begitu embun bisa hilang.

2. Jangan Buka Kaca Jendela

Selain matikan AC mobil saat hujan, ada pula kebiasaan salah dari penggemudi ketika berkendara di tengah guyuran hujan. Yaitu sengaja membuka kaca jendela berharap ada sirkulasi udara yang nantinya akan membuat embun menghilang.

Padahal kondisi perbedaan suhu antara di luar dan di kabin mobil begitu jauh. Sehingga teknik mematikan AC mobil dan membuka sedikit kaca jendela bukan solusi yang tepat guna mengusir embun agar pergi dalam waktu cepat.

Apakah Anda sudah tahu alasan kenapa kita tidak bisa metikan AC mobil jika sedang berkendara saat hujan? Jika sudah jelas, jangan lupa ya taman-teman biar selamat sampai tujuan

Chat dengan kami via WhatsApp