Mitsubishi

Berita

Jadi Ini Artinya Jika Oli Berwarna Hitam Saat Service Mobil
March 10, 2020

Oli bekas seringkali berwarna hitam saat dilakukan penggantian di interval waktu tertentu. Ini menjadi pertanda baik, atau sebaliknya jadi pertanda buruk?
Salah satu ‘kewajiban’ yang harus dilakukan pemilik kendaraan bermotor yaitu melakukan penggantian oli mesin atau pelumas secara berkala dalam waktu tertentu. Tujuannya agar performa kendaraan tetap terjaga dan kendaraan bisa berumur panjang.

Oli penting untuk menjaga performa kendaraan

Penggantian bisa dilakukan sendiri maupun bengkel. Namun paling recommended dilakukan oleh bengkel resmi. Selain peralatan yang memadai, proses penggantian dilakukan oleh ahlinya sembari melakukan pengecekan part yang lain.

Oli Bekas Menghitam
Nah, yang biasa kita lihat oli bekas yang akan diganti pasti berwarna hitam, meskipun saat dimasukkan pertama kali warnanya merah, biru tua, kuning keemasan atau kuning kecoklatan. Apakah itu pertanda baik atau pertanda buruk?

Asumsi pertama bagi yang belum tahu pasti menganggap oli jelek dan tidak berkualitas. Faktanya tidak demikian. Menurut Product Development and Technical Support PT. Topindo Atlas Asia (TOP1 Indonesia), Lucky oli bekas menghitam tidak selalu menjadi pertanda buruk atau menandakan oli jelek.

Oli bekas menghitam, bukan berarti jelek

“Tak selamanya oli berwarna hitam itu berarti oli jelek. Oli yang sudah dituang dalam mesin, pasti saat dikeluarkan lagi oli sudah hitam. Hal tersebut wajar, karena oli tersebut sudah tercampur dengan residu ruang mesin, jadi bukan berarti oli jelek,” tutur Lucky seperti dikutip dari laman TOP1 Indonesia.

Senada dengan penuturan di atas, laman resmi Federal Oil juga menyebutkan kalau oli bekas yang menghitam bukan karena kualitas oli yang buruk. Tapi hasil dari proses pembakaran dan gesekan antar logam dalam mesin. Panas dan gesekan ini lah yang memicu perubahan warna oli. Semakin lama dan semakin sering kendaraan digunakan warna semakin pekat.

Perubahan warna ini menunjukkan oli bisa bekerja secara maksimal karena bisa membersihkan mesin hingga ke celah-celah terkecil serta mendinginkan mesin.

Kesimpulan
Oli bekas berwarna hitam bukanlah pertanda buruk. Melainkan indikasi kalau oli bekerja secara maksimal. Jadi, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Sumber : Cintamobil.com

Chat dengan kami via WhatsApp