Mitsubishi

Info

Mengenal Jenis-jenis Airbag
December 14, 2021

Salam hangat, Sahabat Mitsubishi Lautan Berlian.

 

Perkembangan teknologi saat ini semakin dinamis, terlebih dengan adanya transformasi digital dalam dunia bisnis yang menuntut perusahaan mampu beradaptasi agar tetap bisa menjalin koneksi yang erat dengan para customer-nya. 

 

Begitupun kami. Kini kami hadir menemani Anda semua dalam versi digital setelah sebelumnya terbit dengan 10 edisi dalam bentuk majalah cetak. Dengan kehadiran kami di ranah digital, kami berharap agar kami bisa lebih terkoneksi dengan Anda sekaligus meningkatkan pelayanan demi memberikan yang terbaik untuk Anda. 

 

Kami akan berbagi informasi seputar berita, tips, tren otomotif, isu terkini, info tentang produk Mitsubishi, dan masih banyak lagi, untuk bisa Anda nikmati sembari menemani waktu luang Anda. 

 

Untuk itu, selamat menikmati konten digital kami! Semoga kehadiran kami dengan wajah baru ini bisa menyenangkan hari Anda dan membantu menemukan apa yang Anda cari seputar dunia otomotif.

Mengenal 4 Jenis Airbag Pada Mobil Beserta Fungsinya

Anda mungkin mengira seatbelt sudah cukup untuk menjaga keselamatan Anda saat berkendara. Pada kenyataannya, ketika terjadi benturan keras, seatbelt saja tidak cukup untuk menyelamatkan Anda. Itulah mengapa mobil-mobil modern sekarang ini sudah punya fitur airbag sebagai fitur keselamatan berkendara yang sangat membantu mencegah terjadinya benturan ketika terjadi kecelakaan.

 

Sistem airbag bekerja ketika ia mendeteksi terjadi tabrakan keras pada bodi mobil. Sensor mobil akan langsung mengirimkan sinyal supaya airbag mengembang. Airbag yang mengembang akan melindungi area vital di tubuh, seperti dada, leher, dan kepala. Tanpa airbag, tubuh yang hanya ditahan seatbelt berpotensi terbentur dan cedera di area leher dan dada.

 

Posisi airbag sendiri tergantung pada tipe mobilnya. Ada yang terpasang di bagian depan, ada juga yang sampai ke samping. Memang airbag ini dipasang di beberapa lokasi, sehingga ketika terjadi benturan di segala sisi, penumpang dan pengemudi bisa terlindungi secara maksimal. Menurut posisinya, ini 4 jenis airbag yang wajib Anda tahu:

 

  1. Driver Air Bag (DAB)

Ini adalah jenis airbag vital yang harus ada di dalam setiap mobil, karena pengemudi berisiko tinggi terkena benturan akibat posisinya yang berhadapan langsung dengan roda kemudi. Memang, roda kemudi sekarang ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga tidak membentur pengemudi ketika terjadi kecelakaan. Namun, fitur airbag tepat di tengah roda kemudi akan jadi fitur keamanan tambahan yang bisa menyelamatkan nyawa.

 

  1. Passenger Air Bag (PAB)

Airbag yang satu ini lokasinya ada di dalam glove box di dashboard. Ada dua cara pemasangan PAB: yang pertama dipasang di dalam dashboard, sedangkan yang kedua di luar dashboard. Fungsinya untuk melindungi penumpang depan saat terjadi kecelakaan.

 

  1. Side Air Bag (SAB)

Seperti namanya, airbag ini berguna untuk mengurangi risiko cedera akibat benturan dari samping, yang bisa berakibat fatal pada kepala. Sab dibuat untuk menyerap benturan antara penumpang di dalam dengan pintu kendaraan apabila terjadi tabrakan dari arah samping. Airbag ini biasanya dipasang di kursi untuk melindungi dada dan kepala.

 

  1. Curtain Air Bag (CAB)

CAB ini bisa memberikan perlindungan yang lebih baik pada leher dan kepala pengemudi. Ketika mobil jungkir balik, area kepala dan leher pengemudi rawan terkena cedera serius. Maka itu, tambahan CAB bisa jadi penyelamat saat mobil terjungkir. Airbag ini meletus dari bagian atap kendaraan dan dapat dikombinasikan dengan sistem side impact air bag. Biasanya, CAB akan tetap terbuka selama lebih dari enam detik untuk mengantisipasi terjadi benturan berikutnya.

 

Semua fitur airbag di atas tentunya harus ada di mobil-mobil sekarang. Kalau Anda bermaksud membeli mobil, pastikan ada fitur airbag-nya. Salah satu mobil yang punya fitur airbag yang mumpuni adalah Xpander dari Mitsubishi. Fitur keselamatan Xpander adalah yang terbaik di kelasnya, karena itu, Anda tidak perlu khawatir saat berkendara dengan Xpander, karena Mitsubishi selalu memberikan yang terbaik bagi para pelanggannya.