Mitsubishi

Berita

Tips Merawat Mobil untuk Mencegah Virus Corona
March 16, 2020

Wabah virus Corona tak hanya mengganggu perekonomian Indonesia, tetapi seluruh dunia. Untuk mencegah penularannya, Lyft dan Uber menginstruksikan pengemudinya untuk membersihkan dan merawat mobil mereka secara berkala.

Virus Corona masih menjadi momok menakutkan saat ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan dan merawat mobil. Beberapa Tips untuk pengemudi untuk membersihkan dan merawat mobil demi mencegah penyebaran virus Corona.

1. Mulai dari eksterior

komponen yang sering digunakan dan dipegang oleh pelanggan maupun orang lain. Pencegahan pun dilakukan mulai dari eksterior mobil. Salah satunya dengan membersihkan gagang pintu secara berkala.


Utamakan untuk membersihkan gagang pintu pada eksterior dengan disinfektan

Gagang pintu merupakan satu diantara sekian banyak tempat penyebaran virus dan bakteri di dalam mobil. The Sun juga menyebutkan agar menghindari memegang gagang pintu untuk menghindari penularan penyakit ini. Karena virus Corona disebutkan mampu bertahan hingga berjam-jam pada sebuah permukaan benda.

kontaminasi yang terjadi pada permukaan barang lebih signifikan dibandingkan tempat lain. Mereka yang terjangkit Corona bisa saja bersin dan air liur atau bekas bersin menempel di tangan. Ketika memegang gagang pintu, maka virus pun bisa dengan mudah menempel di sana. Untuk membersihkan dan merawat mobil, gunakan disinfektan untuk membersihkan gagang pintu Anda.

2. Bersihkan interior secara menyeluruh

Bagi Anda yang sering bepergian dengan mobil, menciptakan lingkungan yang bersih di dalam mobil menjadi salah satu cara paling penting dalam mencegah penyebaran virus Corona. Salah satunya adalah dengan membersihkan komponen dalam mobil dengan antiseptik atau disinfektan.

Sebelumnya, Dr. Taka Budaya M. Kes menjelaskan pada Cintamobil TV apa-apa saja yang diperlukan untuk membersihkan interior kendaraan. “Siapkan antiseptik untuk membersihkan secara periodik fisik mobil. Mulai dari pegangan pintu, handle persneling, sampai panel-panel di dashboard,” jelasnya.

Bersihkan komponen menggunakan disinfektan untuk membunuh kuman dan virus di permukaan benda. Menurut Consumer Reports, beberapa produk yang bisa digunakan untuk membersihkan interior mobil seperti sabun dan air, produk pembersih yang mengandung Isopropyl Alcohol 70% atau Hidrogen Peroksida (3%) yang efektif membasmi rhinovirus, virus yang menyebabkan flu biasa.

Rhinovirus disebut lebih sulit dihancurkan dibandingkan coronavirus, sehingga Hidrogen peroksida disebut mampu membasmi virus Corona dalam waktu yang relatif singkat. Tuangkan pembersih dengan Hidrogen peroksida ke dalam botol semprot dan semprotkan pada permukaan yang akan dibersihkan. Diamkan selama 5 menit, lalu bersihkan dengan tisu atau kain.

Hidrogen peroksida tidak bersifat korosif, sehingga tidak apa-apa jika digunakan pada permukaan logam. Bahannya mirip dengan pemutih. Anda bisa menuangkannya ke permukaan yang ingin Anda bersihkan, dan tidak perlu dilap. Karena Hidrogen peroksida pada dasarnya akan terurai menjadi oksigen dan air.

fogging pada kabin mobil berwarna biru
Bersihkan bagian interior yang sering Anda sentuh dengan cara fogging

Cara lain merawat mobil dari virus Corona adalah menggunakan teknik fogging. Caranya hampir sama dengan teknik penyemprotan untuk mencegah nyamuk deman berdarah dimana uap disemburkan ke dalam kabin mobil. Alat fogging akan menyemburkan asap berupa cairan akti bakteri. Proses ini berlangsung selama 15 menit untuk kendaraan kompak, dan 30 menit pada kendaraan berdimensi sedang dan besar.

3. Menjaga kebersihan tubuh

Meski membersihkan dan merawat mobil adalah fokus utama dalam mencegah virus Corona, namun kebersihan diri sendiri tetap menjadi cara paling ampuh yang bisa Anda lakukan. Sebagaimana dijelaskan dalam berbagai tips dan trik pencegahan virus Corona, jangan lupa selalu membersihkan tangan setelah Anda berkendara. Jika perlu, sediakan hand sanitizer di dalam mobil.

Selalu cuci tangan setelah berkendara dan hindari untuk menyentuh muka dengan tangan yang masih kotor atau belum dicuci. Untuk hand sanitizer sendiri, disarankan menggunakan produk dengan konsentrasi alkohol 65% ke atas. Banyak laporan yang menyebutkan bahwa Anda bisa membuat hand sanitizer sendiri. Namun hindari membuat hand sanitizer sendiri.

makan pisang berwarna kuning di dalam mobil
Selain merawat mobil, makan makanan yang meningkatkan imun tubuh

Selain itu, tata cara mencuci tangan juga perlu diperhatikan. Richard Sachleben, ahli kimia organik dan anggota American Chemical Society menyebutkan bahwa pastikan untuk menggosok tangan dengan teliti dalam waktu 20 detik. “Gosok seperti Anda memiliki benda lengket di kulit dan Anda benar-benar harus melepaskannya,” ungkapnya.

Selain membersihkan dan merawat mobil untuk mencegah penularan virus, beberapa negara sudah melarang warga negara untuk tidak bepergian jika tak terlalu mendesak. Walaupun belum diterapkan di Indonesia, Anda bisa menerapkan hal ini untuk mengurangi resiko terkena virus Corona yang saat ini menyebar cukup cepat di Tanah Air.

Sumber : https://cintamobil.com/

Chat dengan kami via WhatsApp