Mitsubishi

Berita

Tips Pakai AC Mobil Hemat BBM
December 6, 2019

Penggunaan Air Conditioner (AC) atau pendingin untuk menyejukkan kabin mobil, berpengaruh pada konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Nah apalagi bila pengaturan suhunya, diposisikan pada tingkat paling rendah –terdingin.

Nah berikut beberapa tips, supaya tetap nyaman menggunakan AC dan konsumsi BBM tak boros.

  1. Atur suhu temperatur

Sering kali pengemudi mengatur suhu AC, hingga tingkatan paling rendah dengan kipas yang paling besar saat kondisi dalam kabin mobil panas. Justru menurut Bambang, ini adalah kebiasaan yang tak dianjurkan. Selain boros BBM, hawa sejuk akan lebih lama terurai di dalam kabin.

  1. Parkir ditempat teduh

Usahakan untuk memarkir mobil ditempat yang teduh. Memarkirkan mobil ruangan terbuka atau tempat yang terlalu panas, otomatis akan membuat suhu dalam kabin juga akan panas. Nah, biasanya pemilik akan mengatur suhu dan blower sampai maksimal, sehingga AC bekerja lebih keras menyejukkan kabin.

  1. Pasang kaca film

Selain berguna sebagai pengaman yang menjamin privasi sebuah mobil, kaca film juga punya fungsi sebagai penolak panas. Ya beberapa kaca film yang punya anti-ultra violet (UV), dapat menyerap panas dan memantulkan sinar UV sehingga suhu dalam ruangan atau kabin tetap sejuk.

  1. Kebersihan dan servis rutin AC

Terakhir, cara sederhana untuk membuat AC selalu dingin adalah dengan merawatnya. Dengan rutin merawat segala komponen AC, seperti rajin membersihkan filter.

Hal tersebut akan membuat sirkulasi, atau asupan udara yang masuk melalui filter kabin tetap lancar, tanpa terhalangi kotoran debu yang menumpuk.

 

 

 

 

 

Chat dengan kami via WhatsApp