Mitsubishi

Berita

Waspada Virus Corona, Ini Tips Bekerja di Rumah Secara Efektif
March 18, 2020

Meluasnya penyebaran virus corona SARS-COV-2 di Indonesia membuat pemerintah mengambil langkah tegas. Presiden Jokowi menganjurkan masyarakat untuk belajar, beribadah, dan bekerja dari rumah, Minggu (15/3).

Langkah ini diambil untuk menghindari kemungkinan semakin luasnya penyebaran virus corona. Beberapa perusahaan menyambut saran ini dengan mengeluarkan kebijakan untuk bekerja di rumah.

Meski begitu, bekerja jarak jauh memiliki tantangan tersendiri. Agar tetap produktif dan efektif, ikuti tips berikut ini:

Buat Jadwal

Membuat jadwal aktivitas rutin adalah kunci untuk berhasil bekerja dari rumah. Cobalah untuk mulai bekerja pada waktu yang sama setiap hari layaknya di kantor. Jadwalkan waktu istirahat juga karena ini akan membantu tetap konsisten dan fokus.

Pastikan Keluarga atau Teman Satu Rumah Tahu

Jika tinggal satu rumah dengan orang lain, beri tahu mereka bahwa Anda sedang bekerja sehingga harus fokus dan terkadang memiliki kepentingan yang tidak dapat disela. Untuk menciptakan situasi yang lebih kondusif, headphone atau peredam kebisingan bisa dimanfaatkan.

Miliki Ruang Kerja Khusus

james-fitzgerald-2XlWpFPzsdc-unsplash.jpg
Ilustrasi ruang kerja di rumah. Foto: Unsplash/James Fitzgerald

Atur ruangan yang memang difungsikan untuk bekerja. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari gangguan dan memiliki tempat yang tepat untuk melakukan panggilan video.

Pastikan ruangan memiliki kebutuhan penunjuang kerja. Seperti meja, kursi, laptop, charger, stop kontak, headphone, buku catatan, alat tulis, dan lain-lain.

Menjaga Komunikasi

Ketika bekerja jarak jauh, menjaga komunikasi sangat penting. Pastikan perangkat komunikasi tetap online selama periode kerja yang ditetapkan. Bagikan progress Anda dengan rekan kerja. Mengomunikasikan hal-hal penting perlu dilakukan untuk memastikan semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Berpikiran Positif

Nikmati beberapa sisi positif dari bekerja di rumah. Seperti tidak membuang waktu dan biaya untuk pergi ke kantor, menghabiskan waktu istirahat bersama orang terkasih, atau berpakaian lebih santai.

Kebijakan bekerja dari rumah ini pada akhirnya memunculkan perspektif baru. Khususnya bagi mereka yang awalnya enggan bekerja dari rumah serta manajer yang berpikir tidak bisa mengelola tim secara jauh.

Ini memang bukan masa-masa bahagia, tetapi Anda akan tetap menemukan hal baik dari situasi ini. Bersikap positif akan membantu Anda tetap kuat mengatasi krisis.

sumber : kumparan.com

Chat dengan kami via WhatsApp